Jumat, 01 April 2016

Pengembangan Masyarakat (Community Development)






1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan “Pengembangan masyarakat”?
2.      Jelaskan kepada instruktur Anda mengapa beberapa negara  yang dianggap "berkembang"  sementara  yang lain yang disebut sebagai "maju"
3.      Sebutkan Nama lima negara berkembang dan  daftarkan  tiga  hal  yang  ADRA  lakukan  di  negara-negara yang dianggap "berkembang" dan dua hal yang menyebabkan negara tersebut membutuhkan "bantuan."
4.      Baca tentang mengapa ada orang-orang miskin di antara kita  dalam  buku  Kerinduan Segala Zaman , ditulis  oleh  Ellen  G.  White  (Bab 70,  "Seorang dari Saudaraku yang Paling Hina ini"). Jelaskan kepada instruktur Anda apa yang Anda pelajari.
5.      Jelaskan setidaknya satu hal yang dibutuhkan dalam  lingkungan masyarakatmu  yang  membutuhkan perhatian khusus.
6.     Tulis rencana jangka pendek pengembangan masyarakat  yang  klub Pathfinder-mu dapat implementasikan (seperti menanam pohon, membersihkan taman atau halaman, pengecatan  dinding fasilitas umum,  dll). Rencana tersebut  harus  menggambarkan  aktivitas, ukuran jumlah kelompok,  transportasi, logistik, dan bahan yang diperlukan.
7.      Menghabiskan sekurangnya empat jam berpartisipasi di salah satu kunjungan lapangan (field trips) berikut: 
a.       Ikut serta dengan kelompok yang menyediakan bantuan kepada tunawisma di Lingkungan sekitarmu.
b.      Berpartisipasi dengan tim kerja yang memperbaiki atau membangun rumah bagi masyarakat miskin.
c.       Bekerja di pusat distribusi makanan, dapur umum, atau tempat penampungan tunawisma  di  lingkungan masyarakatmu.

Tingkat Keterampilan 1
 

Penanggulangan Pengungsian (Refugee Resettlement)

1.     Jelaskan beberapa penyebab umum mengapa pengungsi pindah ke negara lain. Juga, mendefinisikan istilah pengungsi, internally displaced person (IDP),  dan imigran, dan menjelaskan bagaimana kata-kata adalah sama atau berbeda. 

2.      Buatlah daftar kebutuhan yang mendesak pengungsi mungkin miliki ketika mereka tiba di negara baru mereka. Jelaskan bagaimana Anda akan merasa jika Anda tiba-tiba dihadapkan dengan bahasa baru, budaya, dan lingkungan. 

3.      Cari tahu apa organisasi, komunitas di negara Anda, atau dunia membantu pengungsi dan IDP. 

4.      Jelaskan dalam sebuah paragraf singkat bagaimana Anda akan membantu pengungsi  di masyarakat Anda. 

5.       Mintalah seseorang dari negara lain yang hidup di masyarakat Anda bagaimana mereka disesuaikan dengan lingkungan baru mereka. Apakah orang menggambarkan tantangan dan kontras yang mereka alami selama proses menetap dalam masyarakat tertentu.. 

6.       Berikan laporan singkat di Pathfinder Club, sekolah, gereja, atau kelompok masyarakat tentang apa yang Anda pelajari tentang pengungsi   dan tantangan yang mereka hadapi. Anda dapat melakukan ini melalui presentasi, drama komedi, video pendek, atau metode apapun yang terbaik akan menyampaikan temuan-temuan Anda. Diskusikan mengapa penting untuk menyadari situasi pengungsi dan mencoba mencari solusi untuk masalah ini. 


Tingkat Keterampilan 2

Pemberantasan Buta Huruf (Literacy)

1.       Jelaskan yang dimaksud dengan istilah “literacy”. 

2.       Teliti dan jelaskan secara singkat bagaimana dua atau tiga organisasi di masyarakat atau negaramu yang  mempromosikan pemberantasan buta huruf atau memberikan layanan tesebut kepada anak-anak dan orang dewasa. 

3.       Menulis sebuah paragraf yang menjelaskan mengapa keaksaraan adalah penting. 

4.       Melengkapi tiga dari kegiatan berikut: 
a. Bantuan seseorang membaca buku kecil atau cerita pendek. 
b. Membaca cerita pendek kepada sekelompok anak-anak dan mendiskusikannya dengan mereka sesudahnya. 
c. Membuat kartu flash 10 dengan kata-kata yang sederhana dan ilustrasi atau gambar dan memberikannya kepada seseorang yang  belajar bagaimana untuk membaca. 
d. Baca beberapa kitab dari Alkitab untuk seorang tua yang tidak dapat melihat atau tidak dapat membaca. Hal ini dapat dilakukan dalam satu kunjungan atau beberapa kunjungan. 
e. Memberikan presentasi lima menit di sekolah Anda atau sekolah Sabat atau gereja pada apa yang Anda pelajari tentang keaksaraan. 

5.       Pilih tiga kata dan  jelaskan kepada instruktur Anda bagaimana Anda akan mengajarkan seseorang apa arti kata-kata dan bagaimana mengeja mereka. 



Tingkat Keterampilan 2