Sabtu, 02 April 2016

Tanggap Bencana Lanjutan (Disaster Response Advanced)


1.       Jelaskan penyebab dari masing-masing skenario bencana dan  berikan contoh yang baru-baru ini paling sedikit enam dan dampaknya pada komunitas atau negara.Point ke sedikitnya satu di mana ADRA menjawab. 
a. Angin topan 
b. Angin tornado
c. Banjir 
d. Kekeringan 
e.  Gempa bumi 
f. Tsunami
g. Kebakaran
h. Letusan Vulkanik
i. Perang / konflik Sipil 

2.       Empat tahapan pengelolaan bencana atau keadaan darurat meliputi: 1) Perencanaan dan Mitigasi, 2) Kesiapan, 3) Respon, 4) Recovery. Dalam kata-kata Anda sendiri,  jelaskan kepada instruktur Anda apa yang masing-masing istilah tersebut, dan mengapa hal itu penting. 

3.       Kesiapan adalah kunci saat bencana. Jika Anda membangun kit pencegahan bencana rumah,  jelaskan kepada instruktur Anda apa yang item yang Anda akan cakup. Diskusikan keuntungan memilih item listrik baterai lebih bertenaga, dan non-rusak atas makanan yang mudah basi. 

4.        Menggambar denah tempat Anda tinggal. Pikirkan tentang apa yang harus Anda lakukan dalam tiga dari bencana yang tercantum dalam pertanyaan nomor  1. Desain rute melarikan diri untuk rumah Anda dan diskusikan dengan instruktur Anda dan keluarga. 

5.        Menemukan tiga cerita dalam Alkitab yang melibatkan bencana alam atau keadaan darurat politik. Tempatkan diri di tempat orang-orang dalam cerita dan menggambarkan bagaimana peristiwa-peristiwa itu akan mempengaruhi Anda. Juga, secara singkat  bahas bagaimana orang-orang dalam cerita-cerita berhasil melewati masa sulit. 
 
6.        Berikan laporan singkat pada Pathfinder Club Anda tentang apa yang Anda pelajari tentang bencana dan kesiapsiagaan bencana. Anda dapat melakukan ini melalui presentasi, drama komedi, video pendek, atau metode apapun yang terbaik akan menyampaikan apa yang Anda pelajari. 



Tingkat Keterampilan 2

Tanggap Bencana (Disaster Response)


1.       Jelaskan jenis kerusakan paling mungkin terjadi ke rumah-rumah,  individu,  dan masyarakat untuk masing-masing  jenis bencana utama berikut , dan  indikasikan untuk setiap di bagian mana  dari dunia ini terjadi paling sering:
a. Badai/topan
b. Angin tornado
c. Banjir
d. Gempa bumi
e. Tsunami
f. Kebakaran
g. Perang / konflik Sipil
2.       Jelaskan secara singkat jenis-jenis layanan yang disediakan untuk korban bencana di negara  Anda  dengan  ADRA,  pemerintah,  atau  responden tanggap darurat lokal
3.        Membaca koran atau berita ADRA (pergi ke www.adra.org) tentang bencana  baru-baru ini dan  diskusikan beberapa hal penting yang perlu diingat ketika menanggapi bencana atau keadaan darurat
4.        Jelaskan apa yang dimaksud dengan singkatan "ADRA"  dan  huruf apa dalam singkatan tersebut  yang  menggambarkan peran ADRA sebagai responden dalam bencana
5.        Jelaskan setidaknya salah satu dari organisasi-organisasi responden bencana ini  dan bagaimana ia dapat  bekerja  dengan  ADRA  dalam  keadaan  darurat:
a. Palang Merah
b. Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR)
c. Program Pangan Dunia (WFP)
6.       Jelaskan peran pemerintah  ketika  bencana  terjadi dan  identifikasi  lembaga  pemerintah   di  negara  Anda  yang  mengelola  tanggap  darurat



Tingkat Keterampilan 1

Penyelesaian Konflik (Conflict Resolution)


DISKUSI KELOMPOK ( Memerlukan Fasilitator Dewasa  ) 

1.  Jelaskan bagaimana Kristus mendorong orang-orang dalam konflik dalam cerita-cerita Alkitab berikut. Mengidentifikasi sifat dari konflik atau kebutuhan manusia dari setiap cerita yang anda jelaskan.
a. Yohanes 8:1-11 (Maria Magdalena)
b. Matius 18:1-6 (Pemuridan - Kerajaan Terbesar di Surga)
c. 1 Raja-raja 3:16:28 (Salomo dan Si Bayi)
2.  Diskusikan hubungan, identitas, ras, dan konflik budaya yang remaja  hadapi  di  masyarakat  hari  ini (yaitu hubungan dengan orangtua, harga diri, persahabatan)
3. Jelaskan jenis kebutuhan manusia dan  berikan masing-masing contoh  nyata  dalam  kehidupan .
4. Apa yang dimaksud dengan  aktif  dalam mendengarkan?  Praktikkan mengenai  aktif  mendengarkan    dengan  konflik peran seperti dicatat pada tuntutan nomor  # 2.
5. Terapkan metode berikut dalam pemecahan konflik untuk contoh di nomor # 2:
   a. Set adegan
   b. Kumpulkan informasi
   c. Mengidentifikasi masalah
   d. Diskusikan Solusi
6. Negosiasikan solusi.
7. Jelaskan bagaimana membuat rujukan ke konselor profesional atau pendeta.
8.  Diskusikan mengenai motif Anda  sendiri karena ingin membantu teman-teman Anda ketika mereka menghadapi konflik. Bagaimana jika dengan orang asing?


Tingkat Keterampilan 3


Pengkajian masyarakat (Community Assessment)


1.    Pilih suatu  komunitas di masyarakat atau  kawasan  perkotaan yang  Anda kenali lalu sejauh yang kalian mampu, jelaskan informasi - informasi  berikut:  lokasi  di  peta,  kondisi  ekonomi,  deskripsi  demografi  penduduk  (umur,  jenis  kelamin,  pekerjaan  yang  paling  umum,  dll),  tingkat  akses  kesehatan,  tingkat  kejahatan, dan pendidikan.



2.    Daftarkan kebutuhan yang Anda  lihat  di  komunitas/masyarakat sekitarmu.  Kebutuhan ini dapat mencakup dukungan yang lebih baik bagi keluarga berpenghasilan rendah, bantuan untuk  orang yang kesepian  atau  orang-orang tua, atau bantuan untuk membersihan area umum dengan lebih baik, dan sebagainya



3.    Dengarkan  pemimpin  di masyarakat/komunitas,  guru,  pendeta  gereja,  atau  polisi berbicara  tentang cara-cara yang  dapat memberikan dampak yang positif yang dapat kita lakukan sebagai sebuah komunitas/masyarakat. Ingatlah untuk membuat catatan.



4.    Laporkan dengan caramu sendiri untuk  Klub Pathfinder-mu tentang temuan-temuanmu tersebut dan jelaskan  apa yang  telah kamu pelajari Khusus tentang  komunitas masyarakat yang telah kamu pilih. Jadilah kreatif.



5.    Jelaskan perbaikan apa yang paling penting  yang komunitas masyarakat-mu butuhkan dan apa yang dapat kamu lakukan untuk membantunya.


Tingkat Keterampilan 1