Kamis, 07 April 2016

Jurnalistik (Journalism)

1.      Gambarkan unsur-unsur dari paragraf utama yang baik serta kegunaan dan pentingnya berita utama.
2.      Tulis sebuah artikel berita paling kurang tiga paragraf, gunakan paragraf utama yang baik tentang sesuatu yang menarik yang terjadi di-jemaatmu, sekolahmu, rumahmu atau Klub Pathfindermu.
3.      Apakah hal-hal yang diperlukan untuk menulis sebuah cerita yang baik?
4.      Ketahui perbedaan antara kata kerja pasif dan aktif, dan berikan tiga contoh perbandingan.
5.      Menulis permintaan  ke sebuah percetakan untuk meminta penuntun menulis cerita.*)
6.      Tulis sebuah cerita dari salah satu yang berikut:
a.      Bagaimana keluargamu pertama kali menerima Yesus, apakah itu engkau, orangtuamu , kakek/nenekmu dan lain anggota keluargamu.
b.      Pengalaman pribadi atas jawaban doa atau tuntunan ilahi.
c.       Binatang kesayangan yang menyenangkan yang engkau miliki.
d.      Suatu pengalaman yang engkau miliki ketika mengikuti sebuah perkemahan atau dalam perjalanan ke perkemahan.
e.      Ketika Allah menjadi sungguh-sungguh nyata sebagai sahabat dan Juruselamat pribadimu.
f.        Hal yang paling sulit tentang menjadi orang Kristen sekarang ini.
7.      Serahkan sebuah cerita atau artikel ke percetakan Advent *)
8.      Ketahui bagaimana menulis surat pengantar kepada editor untuk menyerahkan cerita atau artikelmu dan tulis sebuah surat pengantar kepada editor untuk dimasukkan kedalam disisipkan dengan cerita atau artikelmu.
9.      Pendidikan apa yang menolong untuk menekuni karir dalam bidang jurnalistik?
10.  Jenis pekerjaan apakah yang tersedia bagi setiap orang yang berminat dalam bidang jurnalistik?

CATATAN:   Dasar  yang baik dalam tatabahasa Indonesia adalah dasar mutlak untuk kepahaman ini.
*) Penuntun untuk menulis cerita bisa didapatkan dari percetakan terdekat atau  dari percetakan Advent, di Indonesia, yakni  Indonesia Publishing House (IPH) yang berada di Bandung.

Tingkat Ketrampilan 2

Internet (Internet)

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hal berikut:
    1. Internet
    2. World Wide Web (WWW)
    3. Jaringan social atau Chat Room  
    4. Unduh (Download)
    5. Unggah (Upload)
    6. Situs (website)
    7. Virus*
  1. Jelaskan hal-hal berikut dan berikan contohnya:
    1. Surat elektronik (Email)
    2. Peramban (Web browser)
    3. Instant Messenger
    4. Streaming
    5. Mesin Pencari (Search Engine & Search Directories)
    6. Perangkat Lunak Antivirus  
    7. Firewall
  1. Selesaikan satu dari yang berikut:
    1. Tuliskan antara 250-300 kata, sejarah mengenai perkembangan internet
    2. Tampilkan selama 2-3 menit presentasi oral mengenai sejarah perkembangan internet.
Apapun opsi yang dipilih, harus memasukkan informasi mengenai waktu/event yang terkait dengan asal-usulnya, peristiwa utama yang mendasari, kelahiran dan perkembangan dari mesin peramban (seperti Mosaic, Netscape, Internet Explorer) dan apa yang terjadi saat ini. Ingatlah, ini bukan sejarah mengenai computer, tapi lebih mengenai sejarah dari intenet.  Anda harus menulis sekurangnya 2 sumber data online  dimaka kamu mendapat informasi tersebut.
  1. Mengapa perangkat lunak antivirus itu penting?termasuk dalam jawabanmu:
    1. Ada beberapa cara Anda dapat menerima virus melalui internet?
    2. Bagaimana bisa memiliki perangkat lunak anti virus yang terbarui menjadi penting untuk menjaga agar data-data di komputermu aman?
    3. Bagaimana  bisa dengan tidak diberi pengaman akan menyebabkan virus terbagi dengan keluarga dan teman?
    4. Apakah hal buruk yang dapat virus lakukan ke komputermu atau ke komputer orang lain?
  1. Dengan cara apa filterware / Parental controls atau program pembatas akses dapat melindungi keluargamu? Dengan keluargamu, kembangkan dan tanda tangani sebuah Perjanjian Penggunaan Internet Keluarga termasuk didalamnya hal-hal berikut:
    1. Jangan pernah mengungkapkan informasi personal/pribadi.
    2. Ingat bahwa mereka tidak selalu seperti apa yang mereka katakan
    3. Jangan bertemu dengan teman online di kehidupan nyata untuk pertama kali tanpa kehadiran orang tua.
    4. Jangan pernah merespon kemarahan/provokasi.
    5. Berhenti segera mungkin jika kamu melihat atau mebaca apapun yang mengganggumu.
    6. Beri waktu yang ditentukan untuk setiap anggota keluarga menggunakan internet setiap pekannya. Atur batas antara waktu untuk keluarga, pekerjaan rumah, dan aktivitas keluarga yang penting lainnya.
    7. Tentukan jenis dari website yang diijinkan/tidak diijinkan untuk dilihat.  Apakah prinsip yang keluargamu akan gunakan untuk menentukan apakah dapat diijjinkan atau tidak? Gunakan prinsip Alkitab sebagai dasarnya.
  1. Tunjukkan kemampuanmu untuk menelusuri internet dengan melakukan hal-hal berikut:
    1. Datangi sekurangnya 3 alamat situs yang berbeda (nama domain yang unik). Cetak atau tunjukkan halaman depan dari setiap alamat  kepada instrukturmu.
    2. Tunjukkan kemampuanmu tuntuk menggunakan mesin pencari untuk mencari situs Alkitab online. Buka situs tersebut, cari sekurangnya 3 ayat hafalan Alkitab yang berbeda dalam 3 versi berbeda dan cetak atau tunjukkan hasilnya kepada instrukturmu.
    3. Carilah 3 situs yang dibuat oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Cetak atau tunjukkan bagian depan dari setiap alamat web kepada instrukturmu.
    4. Unduh sebuah file kompresi dari internet (tar, zip, etc) ke hard drive dan unkompresi file tersebut dan kemudian jalankan program atau filenya.
  2. Tunjukkan kemampuanmu untuk menggynakan surat elektronik (email) dengan menunjukkan hal berikut kepada instrukturmu. (jika diperlukan, buatlah sebuah akun email, dengan nama pengguna dan kata kunci yang unik)
    1. Buat dan kirim sebuah email
    2. Terima dan unduh email
    3. Unduh/lihat sebuah lampiran (attachment)
    4. Ketahui 5 prinsip dalam mengoperasikan email dengan aman.
  3. Hafalkan Filipi 4:8. Bagaimana ayat Alkitab membantu seorang Kristen menggunakan internet?
*Di seluruh kepahaman ini, pengertian “virus” menunjukkan virus tradisonal seperti trojans, worms, dan kode malicious lainnya.  

 
Tingkat Ketrampilan 2

Ilmu Teknik (Engineering)

1.      Apa yang dimaksud dengan ilmu rekayasa/teknik?
2.      Jelaskan empat cabang dari ilmu teknik berikut.
1.      Teknik Kimia
2.      Teknik Elektro
3.      Teknik Sipil
4.      Teknik Mesin
3.      Kenali dan jelaskan sekurangnya 15 tambahan disiplin ilmu dalam bidang teknik.
a.  Teknik Penerbangan          f. Teknik Lingkungan               k. Teknik Nuklir
b. Teknik Optikal                     g. Teknik Struktur                    l. Teknik Industri
c. Teknik Komputer                 h. Teknik Tenaga Listrik          m. Teknik Biologi
d. Teknik Material                   i. Teknik Akustik                      n. Teknik Tekstil
e. Teknik Proses                      j. Teknik Transportasi                         o. Teknik Energi
4.      Jelaskan tanggung jawab umum dari seorang insinyur (ahli teknik)
5.      Diskusikan jenis pendudukan yang disyaratkan untuk bekerja di bidang teknik.
6.       Bagaimana disiplin ilmu teknik berkontribusi terhadap masyarakat?
7.       Dikerjakan sendiri atau dalam kelompok, kembangkan sebuah grafik yang menunjukkan sejarah dari seorang insinyur/ahli teknik yang terkenal, soroti kontribusinya terhadap masyarakat. Siapkan dan berikan presentasi lisan dari apa yang kamu kerjakan.
8.      Baca Kejadian pasal 6. Diskusikan konteks alkitabiah dari pasal ini menggambarkan perbandingan bidang dalam ilmu teknik.
9.      Kenali empat keajaiban rekayasa/teknik spesifik di alkitab yang menggambarkan seni dan pentingnya ilmu teknik.
10.  Apakah maksud dari hal berikut yang terkait dengan disiplin ilmu teknik.
1.      CAD (Computer Aided Design)
2.      Simulasi
3.      Rendering
4.      Tunak (Steady state)
5.      Pembatas (Constraint).
11.  Apa yang dimaksud dengan rekayasa balik (reverse engineering)?
12.  Berikan contoh di dunia nyata dimana rekayasa balik ini berguna.
13.  Dikerjakan sendiri atau bersama dengan kelompok, selesaikan salah satu dari proyek rekayasa berikut atau proyek yang sesuai dengan tingkat kemampuanmu,
1.      Buatlah sebuah pesawat, rapi, seimbangkan dan buat penyesuaian untuk penerbangan yang lebih baik.
2.      Buatlah sebuah kompas menggunakan sebuah kotak, jarum dan sebuah magnet.
3.      Buatlah sebuah miniatur bendungan menggunakan stik eskrim dan batu.


 Tingkat Ketrampilan 2