Selasa, 05 April 2016

Pohon Lanjutan (Trees Advanced)



  1. Telah menyelesaikan kepahaman Pohon
  2. Kumpul, kenali, tekan dan susun daun-daun yang terdiri dari 35 spesies pohon.
  3. Secara terpisah kumpul, tekan, susun dan beri nama contoh yang menunjukkan istilah-istilah berikut: Serrate, Doubly serrate, Entire, Crenate, Dentate, Lobed, Incised , Whorled , Opposite , Alternate, Pinnately compound, Triple compound (if possible.)
  4. Lakukan hal berikut:
a.Jelaskan keuntungan dalam menggunakan nama Latin atau nama ilmiah.
b.Apakah kegunaan dari dua bagian nama ilmiah?
  1. Sebutkan enam nama keluarga pohon dalam kelas angiosperm ae dan tiga keluarga dalam kelas gymnospermae.
  2. Ketahui dan uraikan kegunaan daun dalam kehidupan pohon.
  3. Sebutkan keluarga dari pohon-pohon di daerahmu yang memiliki daun-daun yang berlawanan.
  4. Definisikan istilah-istilah berikut: stipule, tangkai daun, pisau, pitch, heartwood, gubal, Springwood, summerwood, cincin tahunan, kambium, xilem, dan floem.
  5. Apa nama keluarga(family) pohon memiliki duri, catkins, biji bersayap, biji ek, polong,kapsul, kacang-kacangan, buah beri?
  6. Kenali sepuluh pohon yang berganti daun melalui ciri-ciri musim dinginnya, seperti ranting, pucuk, bentuk khusus dan kebiasaan bertumbuh.
Tingkat Ketrampilan 3

Pohon (Trees)

  1. Uraikan cara bagaimana pohon dan tanaman semak dibedakan.
  2. Kumpulkan dan kenali jenis-jenis daun dari 15 pohon yang berbeda. Lebarkan dengan rapih, tekan untuk dikeringkan, susun dan beri nama pada sebuah buku catatan yang cocok atau pada lembaran-lembaran kertas dengan ukuran yang seragam.
  3. Ketahui dan ingat contoh jenis daun yang telah dikumpulkan dan atas permintaan dapat mengidentifikasi specimen yang mirip di lapangan.
  4. Sebutkan dua contoh dari masing-masing pohon yang telah dikenali pada nomor dua untuk yang berikut ini:
a.       Untuk apa itu digunakan.
b.      Lingkungan atau keadaan sekitar di mana mereka tumbuh.
c.        Beberapa ciri yang khusus.
d.      Daerah geografis di mana mereka hidup.
e.      Orang yang pertama menemukan dan menguraikannya.
  1. Berikan nama yang umum dan sebutkan perbedaan antara dua kelas besar pohon-pohonan.
  2. Uraikan pentingnya pelestarian hutan di daerahmu.
  3. Sebutkan beberapa contoh jenis kayu yang digunakan untuk masing-masing kegunaan yang berikut ini:
a.Lantai rumah
b.Kayu lapis biasa
c.Furnitur
d.Gagang kapak
e.Tiang pagar
f.Bantalan rel kereta api
g.Tiang penyangga untuk pekerjaan pembangunan
h.Busur dan anak panah
i.Cocok digunakan sebagai kayu bakar
j.Terbakar perlahan-lahan dan meninggalkan kumpulan bara yang panas
  1. Sebutkan dua contoh untuk masing-masing pohon yang:
a.Bertumbuh paling baik di tanah berair atau tempat berawa
b.Bertumbuh paling baik pada ketinggian di pegunungan

 

Tingkat Ketrampilan 1

Perbintangan Lanjutan (Stars Advanced)



  1. Telah Mendapatkan Tanda Kepahaman Perbintangan
  2. Bagaimana engkau menghitung pergerakan bintang setiap hari yang jelas kelihatan?
  3. Apakah yang dimaksud hal-hal berikut ini: Planet, Satelit, Komet, Meteor, Nebula, Rasi Bintang, Bintang tetap (Fixed star), Bintik Matahari (Sunspot)
  4. Apakah yang dimaksud dengan
a.Celestial sphere f. Deklinasi
b.Celestial pole g. Lintasan (Transit)
c.Celestial equator h. Conjunction
d.Horizon i. Gerhana
e.Right ascension
  1. Terangkan perbedaan utama antara teleskop jenis pembiasan (refractor) dan pemantulan (reflector). Terangkan susunan teleskop equatorial.
  2. Menjadi warna-warna apa sajakah sinar matahari terurai ketika melewati prisma? Dengan cara bagaimanakah warna-warna bintang-bintang digunakan untuk menunjukkan suhunya?
  3. Apakah hubungan yang ada antara gerhana berkenaan dengan musim semi dan waktu dimana lamanya siang hari sama dengan malam hari? Apakah tanggal-tanggal yang biasanya berhubungan dengan waktu dimana lamanya siang hari sama dengan malam hari (equinox)?
  4. Pelajari 12 Rasi bintang yang disebut dengan tanda zodiak. Ketahui sejarah dari tanda-tanda zodiak tersebut.
  5. Sebutkan dan tunjukkan di langit, rasi bintang yang dapat dilihat sepanjang malam, pada langit malam yang bersih di belahan bumi dimana engkau berada.
  1. Sebutkan dan tunjukkan di langit lima rasi bintang yang kelihatan antara matahari terbenam dan tengah malam dibelahan bumi dimana engkau berada selama: a.Musim panas. b.Musim dingin.
  2. Pada waktu mana dalam setiap tahun, rasi bintang Orion kelihatan paling baik? Sebutkan dan tentukan di langit lokasi tiga bintang yang paling terang dari rasi bintang ini.
  3. Bagaimanakah huruf dari alfabet Yunani digunakan untuk memberi nama bintang-bintang dalam rasi bintang? Berikan lima gambaran penggunaan huruf alfabet Yunani dalam memberi nama bintang-bintang sebuah rasi bintang.
  4. Tentukan letakknya 15 Bintang besar paling penting ketika mereka muncul sepanjang tahun.
  5. Dengan menggunakan sketsa, tunjukkan posisi relatif dari bumi dan bulan selama pasang naik dan pasang surut laut.
  6. Uraikan sifat-sifat khusus dari masing-masing planet dalam sistim tata surya kita. Planet manakah yang tidak dapat dilihat tanpa bantuan teleskop? Manakah dua planet yang hanya kelihatan menjelang jam-jam matahari terbit atau terbenam?
  7. Kapan dan dimana Alkitab merujuk pada bintang Orion, Pleiades dan Arcturus?
  8. Perbincangkan pernyataan yang dibuat dalam Early Writings, halaman 41, sehubungan dengan lobang di Orion?
Tingkat Keterampilan 3

Perbintangan (Stars)



  1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
a.Apakah tetangga benda angkasa yang paling dekat dengan bumi?
b.Berapakah jaraknya Dari bumi?
c.Apakah yang mengatur pasang surut?
d.Apakah yang menyebabkan gerhana?
e.Apakah yang dimaksud dengan meteor?
f.Seberapa cepatkah kecepatan cahaya?
  1. Buatlah diagram yang menunjukkan posisi relatif dan gerakan bumi, matahari, dan bulan. Tunjukan posisi dan area untuk gerhana matahari dan bulan.
  2. Buatlah sebuah diagram menunjukkan posisi yang berhubungan antara matahari dan planet-planet dalam sistim tata surya kita. Beri nama setiap planet berdasarkan urutan dari matahari.
  3. Tandai di langit delapan bintang sejati. Apakah perbedaan antara planet-planet dan bintang-bintang?
  4. Apakah rasi bintang? Sebutkan dan tunjukkan enam rasi bintang di langit. Sebutkan dua rasi bintang yang dapat disaksikan sepanjang tahun.
  5. Jika berada di belahan bumi utara *): tunjukkan dan Gambarkan rasi bintang Biduk, Cassiopeia, dan Bintang Utara (North Star) . Jika berada di belahan bumi selatan *): Tunjukkan dan Gambarkan rasi bintang Salib Selatan, Orion dan Scorpio. *) Jika Berada di Khatulistiwa sesuaikan waktu dan kondisi pengamatan.
  6. Apakah Bima Sakti? Amati Bima Sakti pada malam di langit.
  7. Terangkan apakah bintang pagi dan petang itu? Mengapa dinamakan seperti itu?
  8. Terangkan yang dimaksud dengan puncak (zenith) dan terendah (nadir).
  9. Apakah yang dimaksud dengan aurora borealis? Apakah penyebabnya?
 
Tingkat Keterampilan 1