Selasa, 05 April 2016

Kerang Lanjutan (Shells Advanced)



1.Telah menyelesaikan kepahaman Kerang
2.Jelaskan istilah “moluska” atau “kerang-kerangan.”
3.Pelajari istilah pengelompokan kerang-kerangan, ketahui ciri-ciri yang
membedakan masing-masing dan kenalilah beberapa spesies masing-masing
kelas.
4.Bedakan antara kerang univalve dan bivalve dari yang perlu diperhatikan
berikut ini:
a.Kerang d. Pergerakan
b.Tubuh kerang e. Mengamankan makanan
c.Alat reproduksi f. Penjagaan diri
4.Kenali dari kerang atau gambar dan ketahui arti dari istilah ilmu kerang berikut
ini:
a.Valve g. Operculum m. Canal
b.Apex h. Mother of pearl n. Spines
c.Aperture i. Epidermis o. Whorls
d.Byssus j. Ribs p. Lips
e.Foot k. Teeth
f.Mantel l. Concentric lines
5.Terangkan perkembangan sebuah kerang. Berapa lamakah kerang-kerangan
hidup?
6.Berikan beberapa fakta tentang kehidupan sebuah strombus pugilis (kerang
petarung) dan terangkan mengapakah kerang ini diberi nama demikian?
7.Terangkan kegiatan dari shipworm.
8.Apakah yang menyebabkan penyebaran kerang?
9.Sebutkan dua kerang-kerangan yang tidak memiliki cangkang atau kulit luar?
10.Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

a.Bagaimanakah binatang bivalve dan univalve melekatkan diri ke cangkang
mereka?
b.Bagaimanakah warna kerang dikendalikan?
c.Kerang apakah yang memiliki empat insang?
d.Dari binatang laut apakah tinta India dahulu dibuat?
e.Kerang apakah yang memintal sutra?
f.Kerang apakah yang digunakan untuk uang oleh suku-suku bangsa kuno?
g.Kerang apakah yang dianggap suci oleh orang Tibet?
h.Bahan celup berwarna ungu pada jaman dahulu berasal dari pengeluaran
jenis kerang apa?
11.Sebutkan enam penggunaan kerang untuk perdagangan.
12.Lakukan satu dari yang berikut ini:
a.Secara pribadi temukan dan kumpulkan 40 spesies kerang yang mewakili
lima klasifikasi. Daftarkan setiap kerang sesuai dengan tempat dan tanggal
ditemukan dan nama yang biasa digunakan, nama ilmiah dan kelas.
b.Buat sebuah koleksi dari 50 spesies kerang yang engkau telah temukan,
terima atau beli mewakili lima klasifikasi. Daftarkan setiap kerang yang
dikumpul sebagai berikut: jika ditemukan sendiri, beri keterangan yang
disebutkan dibawah huruf “a” di atas; jika diberi orang atau dibeli, beri
nama orang yang memberikan kerang itu, tempat tinggal kerang, tanggal
penerimaan, nama yang biasa digunakan, nama ilmiah dan kelas.
Tingkat Ketrampilan 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar