1.Telah menyelesaikan kepahaman Kerang
2.Jelaskan
istilah “moluska” atau
“kerang-kerangan.”
3.Pelajari
istilah pengelompokan kerang-kerangan, ketahui ciri-ciri yang
membedakan masing-masing dan
kenalilah beberapa spesies masing-masing
kelas.
4.Bedakan antara kerang
univalve dan bivalve dari yang perlu diperhatikan
berikut ini:
a.Kerang d. Pergerakan
b.Tubuh kerang e. Mengamankan
makanan
c.Alat
reproduksi f. Penjagaan diri
4.Kenali
dari kerang atau gambar dan ketahui arti dari istilah ilmu kerang berikut
ini:
a.Valve g. Operculum m. Canal
b.Apex h. Mother of pearl n. Spines
c.Aperture i. Epidermis o. Whorls
d.Byssus j. Ribs
p. Lips
e.Foot k. Teeth
f.Mantel l. Concentric lines
5.Terangkan perkembangan
sebuah kerang. Berapa lamakah kerang-kerangan
hidup?
6.Berikan beberapa fakta
tentang kehidupan sebuah strombus pugilis (kerang
petarung) dan
terangkan mengapakah kerang ini diberi nama demikian?
7.Terangkan kegiatan
dari shipworm.
8.Apakah
yang menyebabkan penyebaran kerang?
9.Sebutkan dua
kerang-kerangan yang tidak memiliki cangkang atau kulit luar?
10.Jawab pertanyaan-pertanyaan
berikut:
a.Bagaimanakah binatang
bivalve dan univalve melekatkan diri ke cangkang
mereka?
b.Bagaimanakah warna kerang dikendalikan?
c.Kerang apakah yang
memiliki empat insang?
d.Dari
binatang laut apakah tinta India dahulu dibuat?
e.Kerang apakah yang
memintal sutra?
f.Kerang
apakah yang digunakan untuk uang oleh
suku-suku bangsa kuno?
g.Kerang apakah yang
dianggap suci oleh orang Tibet?
h.Bahan celup berwarna
ungu pada jaman dahulu berasal dari pengeluaran
jenis kerang
apa?
11.Sebutkan
enam penggunaan kerang untuk perdagangan.
12.Lakukan satu dari yang berikut ini:
a.Secara pribadi temukan
dan kumpulkan 40 spesies kerang yang mewakili
lima
klasifikasi. Daftarkan setiap kerang sesuai dengan tempat dan tanggal
ditemukan dan
nama yang biasa digunakan, nama ilmiah dan kelas.
b.Buat sebuah koleksi
dari 50 spesies kerang yang engkau telah temukan,
terima atau beli mewakili lima klasifikasi. Daftarkan setiap kerang yang
dikumpul sebagai berikut: jika ditemukan sendiri, beri keterangan yang
disebutkan
dibawah huruf “a” di atas; jika diberi orang atau dibeli, beri
nama orang yang
memberikan kerang itu, tempat tinggal kerang, tanggal
penerimaan,
nama yang biasa digunakan, nama ilmiah dan kelas.
Tingkat
Ketrampilan 3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar