Jumat, 08 April 2016

Virus (Virus)

1.      Jelaskan atau diskusikan hal berikut dalam sebuah kelompok. Jika diperlukan adanya kajian yang mungkin menjawab topik ini maka Anda dapat memberikan kontribusi berarti bagi kelompok
1.      Apa yang dimaksud dengan kata virus? Jelaskan kontroversi mengenai apakah virus itu makhluk hidup atau bukan.
2.      Sebutkan karakteristik berbeda dari virus dan mengapa mereka tidak termasuk dalam Kingdom apapun.
3.      Sebutkan beberapa bentuk morfologis dari virus dan berikan contoh untuk setiap bentuk tersebut.
4.      Jelaskan pentingnya vaksin untuk melawan virus. Bagaimana vaksin bekerja melawan virus?
5.      Jelaskan bagaimana virus berkembang dan bagaimana modifikasi genetik yang disebut mutasi terjadi dan menyebabkan resistensi virus.
6.      Apakah penyakit akibat virus pernah diberantas? Mengapa sulit untuk mengobati pasien dengan penyakit akibat virus?
2.      Melalui gambar, video atau deskripsi lengkap, jelaskan perbedaan dari penyakit ruam atau exanthematous berikut:
1.      Rubella
2.      Measles
3.      Chickenpox
3.      Pilih tiga dari penyakit akibat virus berikut dan jelaskan bentuk infeksi, gejala dan pencegahannya. Tunjukkan hasil belajar Anda melalui sebuah tampilan, presentasi atau pidato yang disiapkan. 
1.      Cholera
2.      Herpes
3.      AIDS
4.      Mumps
5.      Poliomyelitis
6.      Meningitis
7.      Hepatitis
8.      Dengue
4.      Jelaskan perbedaan antara pilek dan flu. Mengapa virus influenza dapat menyebakan epidemi yang berkala (seperti flu spanyol, flu burung, H1N1 dll)?
5.      Apakah perbedaan antara virus dan prion? Sebutkan penyakit yang disebabkan oleh suatu prion.
6.      Selesaikan salah satu hal berikut:
1.      Berikan sebuah laporan singkat mengenai pandemi virus dan akibat yang terjadi pada dunia.
2.      Buatlah sebuah sandiwara singkat (skit), presentasi multimedia atau tampilan interaktif lainnya yang dapat menginfomasikan kepada penonton di dunia ketiga mengenai bahaya dari satu atau lebih virus-virus tersebut dan berikanlah mereka mengenai bagaimana untuk melawan atau mengontrol virus tersebut.
3.      Mengajak seorang pekerja sukarela/penolong berpengalaman memberikan cerita/ceramah atau presentasi mengenai epidemi virus dan control virus di negara dunia ketiga. Kumpulkan uang sebagai sebuah kelompok yang mendukung kelompok pemberi bantuan di negara yang diceritakan oleh pekerja tersebut.



Tingkat Keterampilan 2

Tulang, Otot dan Gerakan (Bonen, Muscles and Movement)


  1. Apa perbedaan antara eksoskeleton dan endoskeleton? Jenis kerangka apa yang manusia miliki?
  2. Sebutkan tiga fungsi dari sistem kerangka
  3. Apakah jaringan tulang hidup? Jelaskan mengapa atau jika tidak mengapa?
  4. Gambarkan struktur dan perkembangan tulang.
  5. Identifikasi tulang-tulang berikut dari sistem kerangka: Carpals, klavikula (tulang selangka), tempurung, femur, fibula, humerus, rahang bawah, tulang rahang atas, metakarpal, metatarsal, lutut, panggul, falang, jari-jari, rusuk, tulang belikat, coc cyx (tulang ekor), sternum (tulang dada), tarsals, tibia, ulna, dan tulang belakang.
  6. Apa yang dimaksud dengan joint(sendi)?
  7. Daftar tiga jenis sambungan yang ditemukan di antara tulang.
  8. Sebutkan dan menjelaskan enam jenis sendi yang bergerak dengan bebas. Dapat menemukan contoh dari masing-masing dalam tubuh Anda.
  9. Jadilah kreatif dan membangun model dari salah satu dari enam sendi yang bergerak dengan bebas.
  10. Apa nama lain untuk patah tulang? Daftar 3 jenis istirahat yang dapat terjadi pada tulang. Jelaskan bagaimana menyembuhkan tulang dan bagaimana dokter dapat membantu proses ini.
  11. Apa itu osteoporosis? Siapa yang bisa mendapatkannya? Daftar minimal 5 kebiasaan kesehatan yang berhubungan dengan menjaga kesehatan tulang dan otot.
  12. Apa fungsi dari sistem otot?
  13. Nama dan menjelaskan tiga jenis jaringan otot. Berikan salah satu contoh masing-masing.
  14. Dapat mengidentifikasi otot berikut pada tubuh Anda: masseter, trapezius, deltoid, pectoralis, Biceps, perut, paha depan, Triceps, Latissimus dorsi, gluteus maximus, paha belakang, gastrocnemius, dan soleus.
  15. Jelaskan proses yang menyebabkan otot berkontraksi.
  16. Jelaskan perbedaan antara otot sukarela dan paksa.
  17. Menggunakan model Anda para tuntutan nomor # 9, tunjukkanlah bagaimana otot, tulang, dan sendi bekerja sama untuk menghasilkan gerakan.
  18. Temukan 3 teks dalam Alkitab yang menyebutkan tulang dan / atau otot. Ceritakan tentang masing-masing dengan kata-kata Anda sendiri.
Tingkat Keterampilan 2

Tanggap Bahaya (Red Alert)


  1. Ceritakan apa yang engkau harus dilakukan untuk mencegah kecelakaan dan/atau mungkin kematian dalam keadaan berikut:
    1. Kebakaran di rumahmu, di rumah tetangga, di tempat/bangunan umum.
    2. Jika engkau terdampar dalam mobil dalam badai salju atau di padang pasir.
    3. Kecelakaan kendaraan bermotor.
    4. Gempa bumi.
    5. Banjir.
    6. Angin puyuh (tornado).
    7. Angin ribut/topan (hurricane).
    8. Hujan badai dengan petir (Thunderstorm).
    9. Keadaan darurat karena atom.
    10. Longsoran batuan/salju.
    11. Perahu atau kanomu terbalik di air terbuka.
  2. Ketika bertelepon untuk meminta pertolongan dalam keadaan darurat, informasi penting apakah yang harus diberikan dan siapa yang harus memegang telepon terakhir?
  3. Peragakan P3K darurat apakah yang engkau harus lakukan dalam keadaan berikut:
    1. Pakaian seseorang yang terbakar.
    2. Luka mengeluarkan darah yang sangat fatal.
    3. Seseorang sedang tersedak atau tercekik.
    4. Seseorang menelan racun.
  4. Lakukan yang berikut:
    1. Gambarkan jalur keluar bagi keluargamu jika terjadi kebakaran di rumahmu sementara jalan keluar biasa terhalang.
    2. Mengadakan latihan memadamkan kebakaran bersama keluargamu di rumah.
    3. Memperbincangkan dengan pengujimu prosedur untuk membawa orang keluar dari gereja atau sekolah dengan jika terjadi kebakaran. Perhatian harus diberikan terhadap bagaimana mencegah kepanikan.

  1. Apakah yang engkau dan orang tuamu harus lakukan untuk mencegah terjadinya penculikan anak-anak dikeluargamu? Apakah yang engkau harus lakukan jika engkau diculik?



Tingkat Ketrampilan 1