Jumat, 08 April 2016

Mengolah Kayu (Wood Working)



1.      Ceritakan bagaiman proses-proses berikut berhubungan dengan potongan kayu dan bagaimana masing-masing proses tersebut dilaksanakan:
a.      Pertumbuhan pohon (growing trees)
b.      Penebangan pohon (harvesting of trees)
c.       Penggergajian kayu (milling)
d.      Pemberian bahan tambahan (seasoning)
e.      Menilai (grading)
f.        Mengukur (sizing)
2.      Kumpulkan dan beri nama lima jenis kayu yang digunakan dalam mengolah kayu Ceritakan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kayu tersebut.
3.      Daftarkan peralatan dasar yang digunakan dengan tangan atau listrik yang diperlukan untuk mengolah kayu. Ketahui bagaimana menggunakan masing-masing alat dengan aman dan bagaimana menyimpannya dalam urutan pekerjaan yang tepat, termasuk mengasah, jika diperlukan.
4.      Terangkan penyambungan yang berikut:
a.      Ujung (butt)                                         e. Pucuk/puncak (miter)
b.      Alur (rabbet)                                       f. Lubang dan tenon (mortise and tenon)
c.       Lis dan alur (dado and groove)           g. Ekor merpati (dovetail)
d.      Putaran atau lekukan (lap)                 h. Pasak (dowel)
5.      Ketahui sifat-sifat atau karakteristik benda-benda berikut dan ketahui bagaimana bekerja dengan benda-benda tersebut:
a.      Kayu lapis (plywood)
b.      Papan keras (hardboard)
c.       Papan serbuk (particleboard)
6.      Ketahui paling kurang dua cara untuk menyelesaikan bagian tepi kayu.
7.      Peragakan tehnik yang tepat dalam menempelkan dan mengapit atau menjepit kayu.
8.      Pilih rencana untuk dan menyelesaikan sebuah alat rumah tangga berbentuk mebel, seperti sebuah meja kecil, ganjal kaki, meja tulis atau lemari buku. Daftarkan bahan-bahan yang diperlukan untuk proyekmu.
9.      Ketahui dan gunakan langkah-langkah yang tepat dalam menyelesaikan sebuah proyek kayu baik dengan menggunakan penyelesaian secara alamiah atau zat warna.
10.  Lakukan dua dari hal yang berikut:
a.      Buat sebuah proyek denga  sebuah pintu atau penutup dengan engsel yang disisipkan.
b.      Buat sebuah rumah atau bangunan dengan model skala dengan potongan untuk melihat bagian dalam secara rinci.
c.       Membantu dalam membuat dan/atau memperbaiki mainan dari kayu untuk seorang anak yang memerlukan.
d.      Buat sebuah proyek dengan menggunakan potongan melengkung atau tepi siku-siku atau bulat.


Tingkat Ketrampilan 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar