1.Terangkan keadaan
cuaca topan dan antitopan (anticyclone) dan ketahui
bagaimana
mereka membawa perubahan cuaca.
2.Apakah gelombang udara
dingin dan gelombang udara panas? Bagaimanakah
mereka bergerak
dan keadaan cuaca yang bagaimanakah yang dihasilkannya?
3.Terangkan keadaan
cuaca berikut ini:
a.Angin Chinook (Chinook
winds)
b.Angin pasat (Trade
winds)
c.Daerah tenang (Belt of
calms)
d.Angin
taufan (tornado)
e.Garis hujan badai yang
mendadak (Squall line)
f.Taifun
(typhoon)
g.Angin
ribut (hurricane)
h.Badai
salju (blizzard)
i.Badai es (Ice storm)
4.Terangkan
cara kerja dari termometer penunjuk, barograf penunjuk,
higrometer dan
sebuah anemometer.
5.Baca dengan benar peta
cuaca harian seperti yang diterbitkan oleh Badan
Meteorologi dan
Geofisika Nasional, terangkan lambang-lambang
yang ada dan
ceritakan bagaimana prakiraan dibuat.
6.Apakah
arti dari kelembaban nisbi (relative
humidity) dan titik embun
(dewpoint)?
7.Gambar
potongan melintang dari atmosfir, tunjukkan kelima lapisan yang ada.
Gambarkan masing-masing lapisan.
8.Simpan sebuah grafik
cuaca harian selama tiga minggu masukkan hal-hal
berikut:
a.Jumlah
/ curah hujan
b.Pembacaan barometer
c.Formasi awan
d.Temperatur
tertinggi dan terendah
e.Embun atau es pagi
hari
f.Arah dan kecepatan
angin
g.Prakiraan Badan
Meteorologi dan Geofisika Nasional dan perbandingan
prakiraan
dengan apa yang sesungguhnya terjadi.
9.Diskusikan
akibat dari dosa terhadap cuaca.
Tingkat
Ketrampilan 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar