1.Telah menyelesaikan
Kepahaman Ekologi
2.Sebutkan
hukum pertama dan kedua dari thermodinamika dan terangkan
bagaimana itu penting bagi ekologi.
3.Terangkan tiga dasar
tingkat makanan (basic trophic) dan
berikan contoh yang
baik dari
tanaman atau hewan untuk masing-masing
tingkat.
4.Terangkan
atau buat diagram tiga jenis piramid ekologi dalam jaring makanan.
Berikan contoh untuk masing-masing
lapisan dari piramid tersebut.
5.Berikan definisi
siklus biogeokimia dan terangkan atau
buat diagram semua
komponen dasar
yang dilalui oleh siklus itu.
6.Buat diagram atau
terangkan langkah-langkah dasar dalam
aliran energi melalui
lingkungan (unsur) biotik dari
sebuah ekosistim. Mulai dari matahari.
7.Terangkan
Hukum Minimum Liebig’s (Liebig’s Law of Minimum) dan Hukum
Toleransi
Shelford’s (Shelford’s Law of Tolerance) dan tetapkan bagaimana
hukum-hukum itu
memberitahukan kepada kita bagaimana dan mengapa
tanaman atau hewan tertentu menjadi terancam atau punah ketika habitat
atau komunitas
mereka terganggu atau tidak seimbang.
8.Pilih
sebuah komunitas biologis di wilayahmu, seperti hutan; rawa, danau atau
kolam, padang
rumput; ngarai atau sungai kecil dengan hutan yang rusak atau
dalam beberapa
hal tidak seimbang secara ekologi. Buatlah uraiannya,
termasuk
bagaimana dan sejauh mana itu terganggu. Kemudian buat anjuran
seperti
bagaimana komunitas itu dapat diperkembang dan, jika memungkinkan,
tindak lanjuti dan bantulah untuk memperkembangnya dalam beberapa cara.
9.Gunakan paling kurang
20 jam untuk melakukan kegiatan aktif, pekerjaan yang
bermanfaat pada proyek ekologi di wilayahmu. Ini dapat dilakukan secara
perorangan atau
dalam sebuah kelompok. Uraikan proyek itu secara umum,
tetapi laporkan secara rinci peran anda didalammnya.
10.Terangkan istilah-istilah
berikut:
a.Komunitas
b.Bahan
dasar
c.Photosynthesis
d.Chemosyntesis
e.Autotrophy
f.Heterotrophy
g.Keseimbangan ekologi
h.Saprofit
i.Pembusuk
(Decomposer)
j.Penghasil (Producer)
k.Pemakai (Consumer)
l.Faktor
terbatas (Limited factor)
*CATATAN:
Tuntutan-tuntutan ini dapat
dinyatakan baik secara langsung atau
dalam tulisan
kepada pemimpin orang muda. Seorang pengajar dianjurkan
tetapi tidak dituntut untuk kepahaman ini. Konsultasikan dengan pemimpin
orang mudamu atau guru-guru
sebelum mulai tuntutan nomor tujuh
dan
delapan.
Tingkat
Ketrampilan 3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar