Senin, 04 April 2016

Daur Ulang (Recycling)



1.      Apakah yang dimaksud dengan Daur Ulang?
2.      Apakah kepanjangan dari 3R? Bagaimana kita dapat melakukan setiap “R” di sekolah, klub, rumah dan masyarakat?
3.      Apa itu Kode Identifikasi Daur Ulang pada Plastik?
4.      Siapa yang pertama menciptakan logo atau simbol daur ulang?
5.      Dalam sebuah kelompok, diskusikan sekurangnya dua referensi dari Alkitab dimana Tuhan memerintahkan kita untuk peduli terhadap bumi yang diciptakanNya?
6.      Apa saja alasan yang mengharuskan kamu melakukan daur ulang?
7.      Jelaskan jenis-jenis kategori daur ulang berikut:  aluminum, plastik (PETE/PET, HDPE, V/PVC, LDPE, PP, PS, Other #7), Bi-metal, kaca and baja. Identifikasikan produk-produk harian yang termasuk untuk setiap kategori tersebut. Apa saja metode daur ulang yang tersedia di masyarakat untuk menangani setiap jenis kategori tersebut?
8.      Apakah yang dimaksud dengan plastik tanpa kode (un-coded)? Apakah plastik tersebut dapat didaur ulang?
9.      Sebutkan 7 negara di dunia yang saat ini melakukan program daur ulang dengan model buy back (membeli kembali).
10.  Cari dan bacalah tiga artikel terkini dari majalah, koran atau melalui website lalu diskusikan beberapa aspek terkait daur ulang.
11.  Gambarkan, buat sketsa, foto atau unduh simbol-simbol tekait daur ulang yang resmi dari negaramu.
12.  Sebutkan dimana kamu bisa menemukan ATM Bank sampah yang menerima sampah daur ulang.
13.  Desain dan buatlah sebuah poster mengenai daur ulang untuk klub, gereja atau sekolahmu. Dapat dikerjakan secara individu ataupun kelompok.
14.  Buatlah sebuah kerajinan tangan dari bahan daur ulang, dapat dikerjakan secara individu maupun kelompok.
15.  Lakukan hal berikut:
a.      Sisihkan waktu kurang lebih 4 jam untuk mengumpulkan dan memproses barang-barang yang dapat didaurulang di lingkunganmu.
b.      Tunjukkan kemampuannya untuk memilah barang-barang daur ulang dengan benar
c.       Kerjakanlah bersama klubmu untuk melakukan kegiatan daur ulang untuk sekurangnya tiga bulan dan gunakan itu sebagai cara mencari dana untuk klubmu.
d.      Dia akhir dari bulan ketiga evaluasilah kegiatan tersebut. Di akhir dari bulan ketiga evaluasilah program tersebut. Berikan laporan (lisan atau tertulis) mengenai hal yang kamu telah pelajari, seberapa banyak kamu mendapat dana dan bagaimana klubmu menggunakannya. 


 
Tingkat Keterampilan 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar